"Honesty is the Best Policy Politics"

Selasa, 09 Agustus 2011

Boekorsjom: Jayapura Dulu Aman, Sekarang Tidak

Thursday, 01 April 2010 23:29 administrator Hits: 337
http://tabloidjubi.com/daily-news/jayapura/6441-boekorsjom-jayapura-dulu-aman-sekarang-tidak.html



JUBI --- Keamanan Kota Jayapura dulunya sangat terjamin. Dimasa pendudukan Belanda, kekacauan jarang terjadi.

“Dulu minuman keras dijual secara bebas disemua toko dengan harga yang sangat murah, tapi tingkat kekacauan dapat ditekan,” kata T. S Boekorsjom, Kamis (1/4).

Mantan Walikota Holandia ini mengatakan, ada tiga hal penting yang telah dilakukannya untuk menjaga keamanan saat itu, pertama adalah pelarangan mabuk mabukan dijalan, pembersihan parit tiap minggu dan menertibkan pembuangan sampah.

“Dulu kalau hujan, berarti pagi-pagi saya dan anak buah saya turun untuk kontrol parit yang tersumbat. Kalau ada yang tersumbat maka langsung dibersihkan,” kenangnya.

Menurutnya, penerapan aturan ini dilakukan untuk memudahkan tiap orang bekerja dan membiayai hidupnya sendiri. Ini juga sebagai wujud dari rasa cinta terhadap Holandia.

Dalam masa pemerintahannya, pohon rindang juga ditanami sepanjang jalan. Rimbunan pohon membuat pengguna jalan merasa nyaman dan sejuk. “Waktu itu pohon yang banyak kita tanam itu kapas,” ujarnya.

T. S Boekorsjom bertugas sebagai walikota dari tahun 1952 sampai 1964. Ia kemudian diberi kepercayaan sebagai panitera di Kantor Kejaksaan Jayapura.

Ia berharap, kepemimpinan Walikota Jayapura kini setidaknya bisa seperti dulu. Berpihak pada rakyat, dan memperhatikan apa yang mereka butuhkan. (Musa Abubar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar